Sunday, September 11, 2016

Tips Cara Menghilangkan Ngantuk









Tips Cara Menghilangkan Ngantuk
Tips Cara Menghilangkan Ngantuk. Kelelahan setelah seseorang beraktifitas akan berdampak pada rasa kantuk yang mendera. Tubuh yang pada dasarnya selalu melakukan rutinitas juga ada masanya dimana merasa lelah dengan pekerjaan. Ditambah lagi pada malam hari susah tidur dan kemudian begadang. Kelelahan inilah yang akhirnya akan berdampak pada rasa ngantuk. Akibat dari mengantuk yang paling utama dirasakan adalah menguap, kemudian mata lelah yang menimbulkan kantung mata, dan akibatnya pekerjaan akan terganggu. 

Karena sangat menganggu aktifitas jika rasa ngantuk terus dibiarkan, maka yang harus dilakukan adalah mengistirahatkan tubuh. Beri sedikitnya waktu untuk tubuh merenggangkan otot-otot yang kaku, sehingga mata dan badan menjadi segar kembali. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai aktifitas apa yang harus dilakukan saat rasa ngantuk mendera, berikut adalah paparannya.


Cara Menghilangkan Kantuk

Minum Air Putih
Ada yang mengatakan bahwa menguap akibat ngantuk berarti tubuh anda sedang mengalami kondisi kurang oksigen. Dengan meminum air putih yang banyak maka kebutuhan akan oksigen di tubuh terpenuhi. Belum lagi air memiiki manfaat sebagai penghilang dahaga, jadi jika meminumnya akan kembali segar. Begitu pun dengan ngantuk, karena kelelahan jika meminum air maka akan kembali segar.

Atur Pernafasan
Jika kita lelah kemudian mengantuk maka coba atur nafas seperti menarik nafas perlahan lahan dan buang, ulangi sampai rasa ngantuk anda hilang. Pengaturan nafas atau melakukan olahraga ringan ini berfungsi untuk merelaksasikan atau menenangkan pikiran. 

Menurunkan Suhu AC
Hawa dingin sebuah ruangan akan memicu kita ngantuk. Padahal misalnya baru mengistirahatkan badan tapi bawaannya sudah menguap lagi. Solusinya bisa turunkan hawa dingin dalam ruangan. Karena logikanya kalau tubuh terasa panas maka orang akan sibuk mengipas-ngipas badan karena kegerahan ketimbang menguap karena ngantuk. 

Ngobrol atau Bercanda
Karena aktifitas dan rutinitas yang kita lakukan terkadang membuat jenuh dengan pekerjaan, kejenuhan itu juga bisa memicu rasa ngantuk. Jadi yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan mengobrol bersama karyawan atau teman lain. Sedikit bercanda dan tertawa bersama bisa merilekskan otak dan pikiran anda. Selain itu, tertawa karena hal lucu bisa membuat gembira dan senang, sehingga kelelahan dan kepenatan akan hilang, begitu pun dengan ngantuk.    

Pindah Posisi Duduk
Ubah posisi duduk adalah hal yang sederhana menghilangkan ngantuk. Dimana adanya pergerakan otot yang kaku menjadi renggang. Bergerak bisa menghilangkan ngantuk. Menghilangkannya bisa dengan berjalan atau berdiri sebentar kemudian duduk lagi.

Mendengarkan Musik Keras
Saat merasakan ngantuk mendengarkan musik yang keras akan membangunkan anda. Kemudian bisa juga memberikan efek semangat dari musik yang keras. Respon dari mendengarkan musik pastinya sedikit bergoyang. Bisa mengoyang-goyangkan kaki atau tangan, hal inilah yang mebuat ngantuk anda akan hilang.

Ngemil
Jika kita ngantuk memang tidak ada salahnya kita memakan cemilan. Tapi tetap diusahakan cemilan yang dimakan tidak membuat penimbunan lemak diperut. Karena mungkin saja kan rasa ngantuk disebabkan perut anda lapar.

Bermain Game
Cara ini bisa mengasah otak tapi ke hal lain. Dimana otak akan lebih merespon hal yang dianggap seru untuk mengalihkan pikiran yang stres karena tugas dan pekerjaan. 

Itu dia tips cara menghilangkan ngantuk. Patut untuk dihindarkan adalah konsumsi karbohidrat berlebih, ini akan memicu timbulnya rasa ngantuk. Pada hakikatnya tubuh juga butuh istirahat. Jadi tidak ada salahnya saat anda mengantuk pergunakan waktu sedikit anda untuk mengistirahatkan tubuh dengan tidur. Jika dengan tidur anda akan segar setelah bangun, ini adalah hal yang baik. Sehingga anda bisa maksimal lagi dalam mengerjakan pekerjaan. Baca juga Membuat bibir merah secara alami.