Friday, August 18, 2017

Gejala Penyakit Jantung









Gejala Penyakit Jantung. Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah. Jika kita pernah melihat jantung kambing atau jantung pisang seperti itulah bentuk jantung kita. Ukuran jantung kita sebesar satu kepalan tangan kira-kira. Dan Jantung kita mempunyai 4 ruangan, ruangan itu adalah serambi atau yang biasa disebut atrium, terdiri atas 2 serambi yaitu serambi kiri/atrium kiri dan serambi kanan/atrium kanan. Ruangan dibawah serambi adalah bilik atau yang biasa disebut ventrikel. Ruangan ini juga terdiri dari 2 ruang yaitu ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Antara jantung bagian kanan dan kiri terdapat sekat yang memisahkan, agar darah kotor dijantung bagian kanan tidak bercampur dengan darah bersih dijantung bagian kiri. Antara serambi dengan bilik dipisahkan oleh katup yang dapat membuka dan menutup. Pada artikel berikut ini akan mengulas Gejala atau Keluhan dari penyakit jantung, Berikut Gejala Penyakit Jantung diantaranya :

Sakit Dada

Pada penderita jantung koroner biasanya mengeluhkan sakit dada yang hebat. Sakit dada tersebut dapat menjalar ke rahang, punggung dan lengan/tangan, namun ada gejala penyakit jantung koroner yang tidak spesifik dan tidak boleh kita remehkan yaitu nyeri pada uluhati dan nyeri punggung terutama punggung atas. Nyeri ulu hati disebabkan oleh sakit tukak lambung (Maag). Pada beberapa kasus penyakit jantung koroner ditemukan bahwa penderita tidak mengeluh sakit dada tetapi nyeri pada ulu hati. Nyeri punggung juga berkaitan dengan penyakit saraf dan tulang punggung namun pada beberapa penderita jantung koroner hanya mengeluhkan nyeri punggung. Hal tersebut dikarenakan adanya penjalaran nyeri akibat penyakit jantung koroner. Jadi bisa disimpulkan bahwa rasa sakit akibat penyakit jantung dapat jadi pada ulu hati, punggung maupun nyeri yang menjalar. Selain sakit dada dapat ditemukan gejala lain yaitu berkeringat saat terjadi serangan jantung. Selain itu penderita merasa sesak dan tidak dapat beraktivitas lagi. Penderita tiba-tiba memutuskan untuk istirahat dan rasanya akan lebih baik. Baca juga Penyebab Penyakit Jantung.

Sesak Nafas 

Sesak nafas biasanya sering dihubungkan dengan penyakit pada paru-paru, memang sesak nafas merupakan gejala-gejala pada banyak kelainan di paru-paru. Namun pada sesak nafas yang berkaitan dengan aktivitas fisik maka harus dicurigai adanya penyakit gagal jantung. Sesak nafas tersebut biasanya kita sering gambarkan dengan nafas yang cepat atau ngos-ngosan padahal sebelumnya tidak. Misalnya dulu kalau kita berjalan 1KM tanpa ngos-ngosan sekarang berjalan 1/2KM saja sudah ngos-ngosan. Oleh karena itu orang yang mempunyai penyakit gagal jantung nyaman atau tidak sesak lagi jika istirahat.

Ada gejala lain yang sering diabaikan ketika tidur, tidak lama kemudian penderita akan bangun dan merasa kekurangan udara sehingga berlari mencari udara. Jika penderita menambah bantal misalkan tidur dengan 2-3 bantal mereka akan merasa lebihnyaman sehingga penderita bisa tertidur pulas. Gejala yang Nampak jelas adalah bengkak pada kedua kaki (harus kedua kaki). Bengkak dari kaki akan menjalar dari bawah dan semakin keatas. Dan jangan meremehkan tensi darah yang tinggi, tensi darah yang tinggi dan terjadi terus menerus tanpa diobati akan menjadikan jantung lelah. Oleh karena itu jika kita mempunyai tensi darah yang tinggi sebaiknya rajin memeriksakan diri ke Dokter.

Lemas Dengan Badan Pucat Seketika

Gejala Lemas Dengan Badan Pucat Seketika ditemukan terutama pada anak-anak. Anak kecil dengan gejala seperti ini dapat menderita penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bawaan yaitu biasanya kelainan struktur pada jantung. Kelainan ini mengakibatkan anak mudah kekurangan oksigen sehingga pucat dan lemas seketika tetapi ini terjadi hanya pada saat serangan. Pada anak dengan gejala yang berulang seperti itu sebaiknya langsung dibawa ke Dokter Spesialis Anak. 

Memang semua gejala diatas dapat anda cegah sedini mungkin, Faktor yang paling penting dan susah dijalani adalah terapi dengan berupa Gaya Hidup Sehat. Walaupun bukan obat tetapi justru sangat berguna, Apa saja Gaya Hidup Sehat yang dapat Kita lakukan….?? Gaya hidup sehat yang dapat kita lakukan yaitu :
  • Berhenti Merokok
  • Kurangi Berat Badan
  • Makan Makanan Sehat
  • Olahraga
  • Kurangi Stres
Jika ditemukan gejala-gejala diatas sebaiknya segera menemui dokter untuk konsultasi terutama Dokter Spesialis Jantung. Demikianlah info sekilas tentang Gejala Penyakit Jantung, Semoga Informasi Gejala Penyakit Jantung ini dapat bermanfaat, jaga diri dan kesehatan selalu….

Cara Mengobati Muntaber Secara Alami Dengan Obat Tradisonal