Tuesday, September 13, 2016

Macam-Macam Penyakit Mulut yang Harus Diketahui









Macam-Macam Penyakit Mulut yang Harus Diketahui
Macam-Macam Penyakit Mulut yang Harus Diketahui. Sebagai alat untuk memproses makanan, mulut tidak luput dari penyakit. Karena beragamnya makanan yang masuk akan sangat rentan menimbulkan efek samping dari makanan tersebut. belum lagi gigi dan gusi yang berada di mulut jika tidak dirawat dengan baik akan memunculkan kondisi mulut yang tidak sehat. Lalu apa sajakah kondisi mulut yang tidak sehat itu, mari kita ketahui bersama. 


Macam-macam Penyakit Mulut

Luka Busuk
Penyakit mulut yang satu ini adalah penyakit mulut yang bisa juga dikategorikan penyakit mulut yang ganas. Bentuknya sama dengan sariawan, tapi lebih berbahaya, bisa sampai 2 minggu atau lebih untuk masa pengobatan. Letaknya bisa di gusi, lidah, ataupun pipi bagian dalam. Penyebabnya memang belum diketakui secara pasti, tapi banyak yang mengatakan penyakit semacam borok atau luka ini disebabkan kaena hormon yang sedang naik, stres, sedang sentitif tingkat tinggi, dan infeksi. Jadi penanganan yang terbaik bisa diberikan asupan vitamin yang mampu mengembalikan daya tahan tubuh.

Bau Mulut
Penyakit ini banyak sekali diderita oleh seseorang dan membuat orang tidak nyaman berada didekat kita. Yang mana kondisi mulut tidak dalam kondisi yang prima, akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menyengat. Penyebabnya adalah tidak lain dari kurangnya memperhatikan kebersihan mulut. Karena mulut merupakan bagian yang palin vital dimana segala makan dapat masuk ke mulut jadi sisa-sisa makanan yang tertinggal digigi kalau tidak dibersihkan akan membusuk dan menimbulkan bau. Selain adanya sisa makan bagi anda yang merokok juga bisa menyebabkan bau mulut. Maka dari itu berhentilah merokok dan lakukan pembersihan gigi setelah anda makan.

Sariawan
Jika mulut anda terkena sariawan berarti mulut anda sedang terserang infeksi atau jamur, dimana jamur yang menyebabkan sariawan bernama jamur candida. Penyebab terjadinya sariawan biasanya karena anda terlalu keras saat sedang menggosok gigi dengan sikat gigi yang memiliki terstuktus yang keras. Atau bisa juga karena tubuh anda sedang tidak dalam keadaanatau kondisi yang tidak baik, kekebalan tubuh anda sedang melemah, atau bisa juga karena anda terserang diabetes yang memberika luang bagi jamur candida untuk tumbuh dan berkembang biak menjadi sariawan. Untuk itu sebagai penanganan dan pengobatan beri tubuh asupan vitamin C untuk mengembalikan daya tahan tubuh anda. Jika sariawan yang anda rasakan tidak kunjung sembuh segeralah periksakan kondisi anda ke dokter untuk penanganan dan diagnosa yang lebih lanjut. 

Glossitis
Penyakit ini belum banyak orang yang mengenalnya, tapi untuk mengetahuinya anda butuh menyimak gejala yang ditimbulkan untuk antisipasi apabila penyakit ini terjadi pada anda. Gela yang ditimbulkan dai glossitis adalah lidah anda yang seakan melepuh ditandai dengan munculnya rekahan dan bintik-bintik merah, dan sakit disekitaran lidah. Untuk pengobatan anda harus tahu apa penyebabnya, bisa karena anda terlalu panas memakan atau minum sehingga pelindung dari lidah terbuka, sehingga anda harus mehindari makan makanan yang terlalu panas seperti itu. Atau bisa juga penyebabnya karena anemia atau kekurangan vitamin, maka penanganannya bisa dengan memberikan vitamin penambah darah dan vitamin lainnya agar tubuh tetap sehat.

Radang mulut
Selain jamur yang menyebabkan sariawan ada juga jamur yang menyebabkan radang mulut. Gejala yang ditimbulkan dari radang mulut terlihat pada kondisi lidah yang tidak merah seperti biasanya, cendrung berwarna pucat dan terdapat bercak kuning keputihan di titik-titik permukaan lidah. Efek yang ditimbulkan perih pada lidah. Sebagai proses perobatan coba berikan obat antifungal yang berbentuk tablet hisap, tapi perlu dingat pemberian obat harus dengan rekomendasi resep dokter, agar terhindar dari penggunaan obat yang salah. 

Demikian penjabaran terkait macam-macam penyakit mulut yang harus diketahui. Agar setelah membaca artikel yang kami bahas kali ini bisa mengantisipasi penyakit mulut yang lebih berbahaya. Dengan mengantisipasi itu artinya kita tidak menyepelekan jenis penyakit yang satu ini. Jaga selalu kesehatan tubuh termasuk kondisi mulut. Karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Baca juga Cara mudah berhenti merokok.