Tuesday, September 13, 2016

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan









Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan
Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan. Berbagai macam jeruk yang ada sangat lah beragam dari rasa, warna, bentuk, ukuran, hingga khasiatnya yang memiliki banyak fariasi yang mayoritas dapat menyehatkan tubuh. Dari ribuan jenis jeruk di dunia ini, ternyata jeruk nipis menjadi salah satu nominasi jeruk termanfaat karena memiliki banyak kandungan baik yang sudah dari turun temurun digunakan oleh nenek moyang kita yang menjadikan jeruk nipis sebagai bahan utama penyembuhan beberapa penyakit.

Selain cara tradisional yang memang sudah manjur dikelasnya, ternyata hingga jaman modern sekarang ini, jeruk nipis masih digunakan sebagai bahan utama pengobatan modern untuk penyakit batuk, radang pada tenggorokan hingga beberapa penyakit kulit dan mengatasi jerawat. Untuk lebih rinci apa saja manfaat dari jeruk nipis yang patut anda ketahui, mari simak bersama penjelasan dibawah ini yang membahas tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. 


Manfaat Jeruk Nipis

Buah Rendah Kalori
Walaupun rasanya asam dan sulit diterima oleh indra perasa kita. Jeruk nipis sangat baik untuk kesehatan karena kandungan rendah kalori yang baik untuk yang ingin menurunkan berat badan. Untuk dimanfaatkan saat diet dengan mengkonsumsi 3,5 Oz jeruk nipis maka akan menambah 43 kalori daam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk nipis untuk mengikis lemak jahat dalam tubuh.

Kaya Kandungan Vitamin
Dimana kita mendengar buah jeruk, pasti teringat akan kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat memenuhi seluruh kebutuhan harian. Sebagai gambaran, pria dewasa membutuhkan 90 mg vitamin C dan perempuan sekitar 75 mg. Dan disetiap kandungan jeruk nipis terdapat 50 mg vitamin C, jadi anda tidak usah khawatir akan kekurangan sumber vitamin tersebut. 

Sumber Mineral
Kandungan mineral dan kalium yang tinggi hingga 490 mg dalam satu porsi jeruk nipis membuat tubuh akan terpenuhi seluruh kandungan mineral karena porsi kebaikan dari jeruk nipis yang tinggi mineral. Kandungan kalium dalam jeruk nipis pun memberikan kandungan tembaga, besi, fosfor, kalsium, yang mana memiliki porsi manfaat sendiri-sendiri yang sangat baik untuk kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh adalah bentuk pertahanan dari dalam tubuh yang di dapatkan dari beberapa sumber yang salah satunya adalah karena kandungan vitamin C yang menawarkan beberapa perlindungan baik saat kedinginan atau beberapa penyakit ringan yang lain. Jika sudah terlindungi, maka tubuh akan sulit terserang penyakit. 

Membantu Lancarkan Pencernaan
Kandungan jeruki nipis yang lain seperti flavonoid dimana berfungsi sebagai produksi empedu, asam, dan melancarkan cairan pencernaan. Seluruh organ tersebut akan berjalan sempurna dalam tubuh karena falonoid dapat menetralkan cairan tubuh bagian pencernaan yang asam dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, jika anda merasakan mual atau muntah dapat dijadikan penawar rasa tidak menyenangkan tersebut.

Menurunkan Berat Badan
Jika anda salah satu orang yang ikin dengan mudah mengurangi berat badan termasuk tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh terutama pada bagian  perut. Dianjurkan untuk mengkonsumsi segelas air hangat yang di teteskan perasan jeruk nipis setiapo pagi dan malam hari sebelum beristirahat. Selain memberikan rasa kenyang yang lama, jeruku nipis pun memiliki serat dan vitamin C yang bermanfaat baik untuk menurunkan berat badan. 

Nah, cukup banyak bukan manfaat jaruk nipis bagi kesehatan diatas, selain baik untuk kesehatan juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan yang beragam. Dari menghilangkan komedo, jerawat, noda hitam diwajah dan masih banyak lagi manfaat dari buah asam ini. Baca juga Manfaat lidah buaya.