Thursday, December 29, 2016

Makanan untuk Mencerdaskan Anak









Makanan untuk Mencerdaskan Anak
Makanan untuk Mencerdaskan Anak. Masa anak-anak adalah masa emas untuk perkembangan kecerdasan otak manusia. Faktor keturunan dan asupan gizi si kecil sangat berpengaruh pada tingkat kecerdasannya. Maka itu bunda perlu memberikan makanan-makanan yang sehat dan bergizi demi perkembangan kecerdasan anaknya. Karena pada masa ini anak sangat memerlukan nutrisi penting bagi kecerdasannya.


Nutrisi bagi Kecerdasan Anak

  • Asam Amino
    Asam amino berperan untuk mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat di dalam sistem saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat.
      
  • AA(Arachidonic acid) dan DHA(Docosahexanoid acid) 
    AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi visual/penglihatan. DHA juga mempunyai efek anti peradangan.
      
  • Asam Lemak Omega 3,6, dan 9
    Asam  lemak merupakan nutrisi yang penting karenamemiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Asam-asam lemak omega 3 juga baik bagi sistem saraf pusat dan otak.
       
  • Zat Besi
    Zat besi penting untuk membantu kerja enzim merangsang saraf. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kecerdasan anak.
       
  • Yodium
    Yodium berfungsi untuk membentuk hormon pada kelenjar tiroid. Horomon tiroid berguna untuk kepekaan sistem saraf dan meningkatkan aktivitas otak.
       
  • Vitamin B
    Vitamin B berguna untuk membantu perkembangan otak anak dan mengaktifkan fungsi otak. Kekurangan vitamin B dapat memyebabkan penurunan memori pada otak.


Makanan Mencerdaskan Anak

  1. Almond
    Almond mengandung fenilalanin, fenilalanin adalah zat yang membantu otak memproduksi dopamin, adrenalin dan noradrenalin. Almond berguna untuk meningkatkan ingatan dan mengatasi depresi.
        
  2. Kacang
    Omega 3 yang penting bagi tubuh dapat ditemukan dalam beberpa jenis kacang. Kacang mente mengandung magnesium yang tinggi untuk mengendurkan otot polos pembuluh darah sehingga dapat Melancarkan jalannya oksigen ke otak dan membantu mencegah sakit kepala.
       
  3. Terong
    Terong mengandung nasunin, nasunin berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak.
       
  4. Coklat
    Anak-anak pasti menyukai coklat, walaupun terlalu banyak mengkonsumsi coklat dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tapi, salah satu jenis coklat yaitu coklat hitam merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat meningkatkan konsentrasi otak. Olahan coklat seperti susu coklat juga dapat meningkatkan kemampuan untuk menmori visual dan lisan.
      
  5. Teh Hijau
    Teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan produksi dopamin, dopamin merupakan zat penting bagi otak manusia. Teh hijau juga dapat membantu melawan gangguan pada otak.
      
  6. Telur
    Telur merupakan makanan berprotein tinggi. Tapi selain itu berprotein tinggi telur juga mengandung choline yang membantu meningkatan daya ingat. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur yang merupakan antioksidan alami  juga dapat mencegah penuaan otak.
       
  7. Brokoli
    Brokoli mengandung vitamin K yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan fungsi kognitif.
      
  8. Blueberry
    Buah blueberry dapat membantu mencegah oksidasi pada otak saat usia mulai senja. Buah ini juga dapat mengurangi efek penyakit alzheimer dan Demensia.
      
  9. Strawberry
    Buah Strawberyy dapat meningkatkan komunikasi dalam otak manusia.
      
  10. Daging Sapi tanpa Lemak
    Selain mengandung zat besi, daging sapi juga megandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.
      
  11. Salmon
    Ikan salmon mengandung  asam lemak omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.
      
  12. Oatmeal
    Oatmeal mengandung vitamin E,  vitamin B, Potassium dan mineral seng yang meningkatkan fungsi otak. 

Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan bagi semua orang tua. Dengan mengetahui nutrisi penting yang dibutuhkan anak dan makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak, orang tua dapat memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi guna membantu meningkatkan kecerdasan buah hatinya.