Thursday, March 10, 2016

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bercak Merah Pada Mata Seperti Darah Beku Mengumpal










Bercak Merah Pada Mata ~ Gangguan pada mata yang seperti ini sangat sering terjadi dan bisa terjadi pada siapa saja. Adanya bercak darah ini dalam bahasa kedokterannya disebut Subconjungtival bleeding atau disebut perdarahan sub-konjungtiva. Pada konjugtiva mata manusia terdapat pembuluh-pembuluh darah halus yang disebut pembuluh darah kapiler yang berfungsi sebagai pemberi nutrisi dan oksigen bagi sel-sel konjungtiva mata. Konjungtiva adalah bagian pada bola mata yang berwarna putih sedangkan garis-garis merah halus itulah kapiler-kapiler dari pembuluh darah.


Bercak merah pada mata berasal dari pecahnya kapiler-kapiler pada mata. Akibatnya darah akan merembes keluar sebanyak konjungtiva. Akibatnya mata akan terlihat seperti mempunyai bercak merah. Terkadang disertai rasa nyeri namun banyak yang tanpa disertai rasa nyeri.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bercak Merah Pada Mata Seperti Darah Beku Mengumpal

Penyebab Bercak Merah Pada Mata

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab pecahnya pembuluh darah pada mata. Beberapa penyebabnya antara lain:
  • Mengucek mata

Terlalu sering mengucek-ngucek mata mengakibatkan lecet pada konjungtiva, namun ada kalanya pembuluh darah ikut terkena yang akibatnya pembuluh darah kecil ini robek dan mengeluarkan darah. 
  • Penyakit kelainan darah

Kelainan pada komposisi darah mengakibatkan konsentrasi darah jauh lebih rendah yang berakibat terjadi perubahan pada tekanan hidrostatis pembuluh darah sehingga darah merembes keluar dari dalam pembuluh darah.
  • Darah Tinggi

Naiknya tekanan darah atau Hipertensi bisa mengakibatkan tahanan pembuluh kapiler mata bertambah, akibatnya pembuluh kapiler tidak sanggup menahan naiknya tekanan ini hingga akhirnya pecah.
  • Trauma

Bekas pukulan atau kemasukan benda asing juga bisa mengakibatkan robeknya konjungtiva sehingga pembuluh darah ini turut robek dan mengeluarkan darah.
  • Penyakit Batuk, muntah-muntah, dan bersin-bersin 

Batuk, muntah dan bersin  yang terus menerus bisa mengakibatkan naiknya tekanan pembuluh darah setempat terutama di daerah leher dan kepala sehingga berakibat kaliper mata menjadi pecah dan tampilan akhirnya menimbulkan warna bercak merah pada mata.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bercak Merah Pada Mata Seperti Darah Beku Mengumpal

Cara Menghilangkan Bercak Merah Pada Mata

Pastinya mata memang terlihat kurang indah bila sorot mata dan warna bola mata kita tidak jernih. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yang telah disebutkan diatas, faktor lain di antaranya adalah mata yang terlalu lelah membaca atau bekerja lama di depan komputer. Selain itu, terkena benda asing yang dapat menyakiti mata, kotor karena tidur, iritasi, atau bahkan karena kurang tidur juga bisa menyebabkan bola mata menjadi tidak jernih.

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini, Anda tentu ingin memiliki mata yang bening dan sehat. Untuk mendapatkan mata yang cantik, Anda tidak harus menggunakan obat tetes mata yang mahal dan terbuat dari bahan kimia yang berbahaya.
  • Perbanyak Konsumsi Wortel

Tanpa ragu lagi bahwa wortel merupakan salah satu sayuran yang paling bermanfaat untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel secara teratur akan membuat mata menjadi jernih. Kelinci dikenal memiliki mata yang jernih karena gemar makan wortel. Hal ini tidak salah karena wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan mata.

Caranya pun mudah, anda tinggal memasukkan wortel ke dalam menu makanan harian Anda atau mengolahnya menjadi jus. Caranya, siapkan 2 buah wortel berukuran besar. Parut dan tambahkan dengan setengah gelas air mineral. Saring dan minum sari wortel tersebut. Jika diminum secara teratur, niscaya mata Anda akan lebih jernih dan sehat.
  • Ekstrak Bunga Melati

Leluhur kita dari dulu telah memiliki banyak ramuan untuk menjaga agar mata selalu bersih. Salah satu bahan herbal yang sering digunakan untuk menjernihkan mata adalah bunga melati. Di Negri tirai bambu (China), tanaman bunga ini disebut dengan mo li hua. Tanaman bunga melati dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 m. Dalam pengobatan tradisionak, tidak hanya bunganya saja yang dapat dimanfaatkan tetapi juga akar dan daunnya. 

Untuk membeningkan mata dengan bunga melati, siapkan segenggam bunga melati yang masih segar. Rendam dalam segelas air dingin yang sudah masak. Diamkan selama semalaman kemudian saring airnya.
Gunakan air saringan bunga melati tadi untuk merambang mata. Lakukan tips ini dua kali sehari yaitu pagi dan sore setiap hari sehingga mata terlihat jernih dan cemerlang.
  • Daun Miana

Daun miana atau yang juga biasa disebut dengan daun jawer kotok, daun ati-ati, atau daun kentangan ini ternyata berkhasiat untuk menjernihkan bercak mata yang merah.

Caranya, siapkan lima lembar daun miana yang berwarna merah kehitaman. Cuci bersih dan rebus daun tersebut dengan segelas air. Tunggu sampai mendidih dan tinggal setengahnya. Anda dapat meminum air rebusan daun miana tersebut.

Cara lain yang dapat digunakan adalah mengompres mata dengan daun miana. Caranya siapkan selembar daun miana. Cuci bersih dan remas dengan tangan. Tempelkan remasan daun tersebut pada mata yang merah.
  • Daun Sirih

Daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, fungisida, dan antijamur. Daun sirih mengandung zat antijamur. Daun sirih mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya.

Caranya:

  • Pertama anda cuci / bersihkan wajah anda
  • Lalu, cucilah kedua lembar daun sirih tadi dengan menggunakan air bersih
  • Setelah itu tempelkan daun sirih tadi pada dikedua mata anda dengan emnggunakan plester / hansaplas
  • Lakukan cara diatas secara rutin setiap anda tidur, dan biarkan daun sirih tersebut menempel dimata anda semalaman. Dan anda dapat melepas daun sirih tersebut esok harinya.

Baca pula: Cara Menyembuhkan Katarak Pada Mata Secara Alami Sampai Sembuh Tanpa Operasi


Semoga artikel Bercak Merah Pada Mata ini bermanfaat untuk pambaca semua!