Thursday, December 29, 2016

Dampak Bahaya Makan Gorengan

Dampak Bahaya Makan Gorengan
Dampak Bahaya Makan Gorengan. Gorengan merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Keripik-keripik, pisang goreng, cireng, dan gorengan lain yang sejenis tentu  gurih dan enak, harganya pun murah dan juga mudah ditemukan, inilah alasan-alasan mengapa gorengan dijadikan cemilan favorit masyarakat Indonesia. Tapi tahukah anda, bila anda terlalu sering mengkonsumsi gorengan dapat berbahaya bagi kesehatan anda. Contohnya biasanya pedagang gorengan di pinggir jalan menggunakan plastik untuk membungkus gorengan. Tahukah anda bahwa plastik yang banyak digunakan pedagang itu adalah plastik daur ulang. Atau juga pedagang biasanya menggunakan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai seperti koran bekas atau majalah bekas sebagai pembungkus gorengan. Perlu anda ketahui bahwa bila tinta terkena panas atau minyak maka tinta tersebut akan larut. Dan bila tertelan dengan frekuensi yang sering, maka akan menyebabkan akumulasi dalam jaringan tubuh. Ditambah juga dengan minyak yang biasanya digunakan pedagang adalah minyak yang sudah beberapa kali digunakan. minyak yang sering di pakai atau bekas terdapat zat radikal bebas yang dapat beresiko terhadap kesehatan anda.

Mungkin anda malas untuk membuat sendiri cemilan yang satu ini. Karena anda tidak mau repot, maka anda memutuskan untuk membeli gorengan yang sudah jadi saja. Tapi tahukah anda, bila anda terlalu sering mengkonsumsi gorengan maka anda akan beresiko memiliki kolestrol tinggi.
Terlalu sering mengkonsumsi akan berbahaya bagi kesehatan anda, seperti yang di jelaskan di bawah ini.

.

Dampak Bahaya Makan Gorengan

Bahaya Kertas Bekas Sebagai Pembungkus Gorengan
Kertas bekas seperti koran, majalan atau kertas yang sudah tercampur tinta sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena di dalam tinta terdapat timbal yang bersifat racun. ” Bila terkena panas atau minyak gorengan, tinta dapat larut dalam makanan” Ungkap M Ali Bata Harahap.

Bahaya Kantong Plastik Kresek Hitam Sebagai  Pembungkus Gorengan
Kantong plastik kresek hitam adalah hasil dari daur ulang plastik- plastik bekas. Selain karena tidak higienis kantong plastik kresek hitam bila digunakan untuk mmbungkus  langsung makanan akan melepaskan bahan-bahan berbahaya kedalam makanan, yang akhirnya dapat menimbulkan kanker dan gagal ginjal.

Bahaya Gorengan di Campur dengan Plastik dan Lilin
Banyak pedagang gorengan curang yang mencampur minyak panas yang digunakan untuk menggoreng dengan plastik atau lilin. Hal ini dilakukan agar gorengan yang dihasilkan tahan lama dan terlihat lebih menarik.

Memicu Kanker Usus
Pedagang biasanya menggunakan minyak yang sudah digunakan berkai-kali untuk menggoreng. Akhirnya minyak ini mengandung racun dan radikal bebas. Minyak bisa memicu terbentuknya asam empedu yang bisa mengiritasi usus. Terlalu sering mengkonsumsi gorengan dapat menyebabkan kerusakan dinding usus. Bila anda sering mengkonsumsi gorengan dan mengalami gejala seperti Penurunan berat badan, Jika selesai BAB perut masih terasa kenyang, dan Sering muncul rasa sakit dan kembung di perut. Itu bisa jadi tanda-tanda anda menderita kanker usus.

Gangguan Pencernaan
Bila anda merasa perut anda tidak nyaman di perut merupakan gejala dari adanya gangguan di pencernaan. Gangguan pencernaan terjadi karena makanan berlemak dan asam. Kunyahlah makanan dengan baik sehingga makanan dapat dicerna denan baik. Dan anda tidak akan mengalami masalah pencernaan.

Tukak Lambung (Ulcer)
Tukak lambung adalah luka yang terjadi di sekitar bagian dalam lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri. Penyakit ini disebabkan bakteri yang disebut Pylori. Gorengan menyebabkan keasaman dan ulkus di perut Anda. Jadi, kurangilah mengkonsumsi gorengan.

Nyeri Dada
Nyeri dada atau heartburn merupakan sensasi terbakar pada dada yang sering menjadi parah pada saat mengambil posisi berbaring atau membungkuk. Heartburn disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esofagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung). Cara terbaik menghindari masalah ini adalah dengan mengurangi konsumsi gorengan dan menggantinya dengan makanan yang direbus.

Sekarang anda sudah mengetahui bahaya-bahaya karena terlalu sering mengkonsumsi gorengan. Jadi, mulai sekarang kurangilah konsumsi gorengan. Ini dilakukan demi kesehatan anda sendiri. Atau anda juga bisa membuat gorengan sendiri di rumah, tentu akan lebih higienis membuat gorengan sendiri dibandingkan membeli yang sudah jadi di luaran sana, Baca : Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh