Tuesday, December 9, 2014

Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Gatal Sebelah dan Penyebab juga Obatnya

Kelopak mata ialah lipatan kulit yang lunak elastis yang melindungin dan dan menutupi mata dari radikal bebas yang ada disepanjang hari , gerak refleksinya sangat cepat sehingga mata kita jarang kecolongan debu yang kasar dan pasir . jika klopak mata bermasalah maka akan Beberapa penyakit yang terkait dengan kelopak mata antara lain ptosis atau kelopak mata bergantung, yang dalam kebanyakan kasus terjadi apabila otot levator palpebrae tidak cukup kuat untuk menyangga kelopak mata. Penanganan atas keadaan patologis ini dapat dilakukan dengan operasi bedah menggunakan anestesi lokal, dan keadaan mata dapat membaik setelah operasi.

Kelopak Mata Bengkak dan Sakit  Gatal Sebelah dan Penyebab juga Obatnya

Kelopak mata bengkak adalah suatu kondisi yang tidak hanya mempengaruhi penglihatan tetapi juga membuat saat mencuci muka jadi merepotkan. Pada artikel ini, Bramardianto.com telah mengidentifikasi kemungkinan penyebab dan memberikan informasi tentang pilihan pengobatan yang cocok untuk masing-masing kondisi.

Kelopak mata bengkak dan sakit dapat digambarkan sebagai adanya bengkak di kelopak mata atas dan bawah. Kondisi ini bisa disertai nyeri atau benar-benar tanpa rasa sakit. Berbagai bentuk infeksi adalah pemicu yang paling umum dari pembengkakan. Biasanya, pembengkakan terjadi di kedua kelopak mata, tapi kadang-kadang, hanya sebelah saja. kelopak mata bengkak ini sering disertai dengan kemerahan mata, keluarnya cairan dari sudut mata, sensasi gatal, benjolan bersisik pada kelopak mata, nyeri, dll.

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Anak-anak sering mendapatkan infeksi seperti ini, dan mereka cenderung menyentuh atau menggosok mata dengan tangan kotor. Jika kelopak mata tidak memiliki rasa sakit apapun, itu dapat disebabkan oleh reaksi alergi yang telah memblokir kelenjar minyak yang ada di kelopak mata. Suatu kondisi kelopak mata bengkak yang menyakitkan adalah gejala dari beberapa masalah mata seperti konjungtivitis, blepharitis, timbilan (bintil di sudut mata), selulitis orbital, dan Chalazion. Pembengkakan dapat dikurangi dengan atau tanpa obat-obatan. Di sini, kita telah membahas pilihan pengobatan untuk kondisi yang mendasarinya yang berbeda :

Blepharitis
Sebagian besar ini terjadi karena serangan bakteri pada kelenjar minyak hadir di dekat bulu mata. Penyebab lain blepharitis adalah reaksi alergi terhadap kosmetik. Hal ini terjadi karena kulit Anda alergi terhadap bahan tertentu dari riasan mata atau Anda telah tidur semalam tanpa menghapus makeup. Gejala lain yang dapat diidentifikasi adalah iritasi dan pembentukan sisik pada kelopak mata. Ini tidak menimbulkan bahaya bagi mata, tapi peradangan berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan dan juga cenderung kambuh berulang kali.

Biasanya, tidak memerlukan perawatan obat. Kompres air hangat dengan kain lembab akan membuat kelopak mata bersih dan mengurangi peradangannya. Jika pembengkakan memburuk seiring waktu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter yang mungkin meresepkan salep antibiotik untuk aplikasi topikal.

Timbilan
Ini adalah bentuk lain dari infeksi di bagian bawah bulu mata dimana kelopak mata membengkak dan merah, bentuk benjolan seperti jerawat di atasnya. Timbilan bukanlah masalah yang sangat serius.
Di sini juga, kompres dengan kain bersih yang lembab dicelupkan ke dalam air hangat berfungsi sebagai obat yang sangat baik. Air hangat mengistirahatkan timbil dan akumulasi nanah dialirkan keluar. Setelah itu, pembengkakan reda sendiri. Jika Anda dapat mengidentifikasi bulu mata dimana timbil telah terbentuk, maka penghapusan bulu mata dengan pinset akan melepaskan nanah dan timbil akan sembuh dengan cepat. Namun, pastikan Anda tidak memberikan tekanan apapun pada timbil untuk mengeluarkannya.

Konjungtivitis atau Pink Eye
Pembengkakan disertai dengan kedutan adalah tanda-tanda umum dari konjungtivitis. Ini hasil dari infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.
Ini harus ditangani oleh dokter. Mereka pertama kali mengidentifikasi infeksi yang menyebabkan virus atau bakteri dan kemudian memulai pengobatan. Mereka meresepkan tetes mata antibiotik untuk melawan infeksi bakteri. Hal ini disertai dengan air mata buatan yang dapat memberikan bantuan dari ketidaknyamanan di mata. Mereka juga menyarankan kompres dingin setelah interval reguler. Jika konjungtivitis virus ternyata parah, tetes mata steroid harus diberikan untuk menurunkan peradangan.

Kutu
Kehadiran kutu pada akar bulu mata juga dapat menyebabkan kondisi ini. Masalah ini sering terjadi pada anak kecil. Anda dapat melihat pergerakan kutu dekat pangkal bulu mata anak Anda.
Jangan menggunakan produk anti-kutu karena mereka berbahaya bagi mata. Sebaliknya, menerapkan beberapa vaselin atau salep non-obat untuk mematikan kutu dan telur.

Sengatan Matahari
Ketika Anda pergi keluar di bawah sinar matahari, Anda harus menerapkan beberapa tabir surya pada kelopak mata Anda juga. Jika Anda lupa menerapkannya, kelopak mata bisa membengkak terkena sengatan matahari.

Kompres dingin memberikan bantuan menenangkan dari masalah ini. Rendam dua bantalan kapas di air es dingin dan menempatkannya pada mata selama sekitar 10 menit. Bergantian, ambil dua irisan ketimun dingin dan menempatkan mereka di mata tertutup selama sepuluh menit. Jika Anda tidak menemukan perbaikan setelah pengobatan dingin, maka konsultasikan dengan dokter Anda segera. Gunakan kacamata hitam untuk sementara waktu, untuk menghindari infeksi lebih lanjut.

Penyebab Lain
Kelopak mata meradang setelah operasi katarak adalah masalah serius karena dapat menjadi tanda dari beberapa komplikasi pasca operasi. Dan harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin. Seseorang bisa mengalami kelopak mata bengkak setelah memakai lensa kontak yang tidak dibersihkan dengan benar. Anda juga dapat mengamati pembengkakan kecil di kelopak mata setelah menangis atau berenang atau karena gigitan serangga.

Komplikasi pasca operasi harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin. Mereka yang menggunakan lensa kontak harus selalu menjaga lensa selalu bersih. Dalam semua kasus lain, pengobatan umum adalah dengan kompres hangat atau dingin.

Seperti yang Anda lihat, sebagian besar penyebab kelopak mata bengkak tidaklah sangat serius dan dapat diobati di rumah saja. Jika Anda rentan terhadap masalah kelopak mata ini, maka perawatan mata yang tepat adalah suatu keharusan. Jangan pernah menyentuh mata dengan tangan kotor dan dengan demikian Anda dapat mencegah infeksi sampai batas tertentu. Anda juga harus mengambil beberapa tindakan pencegahan jika Anda menerapkan riasan mata. Seperti, merias wajah hanya pada sisi luar, tidak berbagi kosmetik dengan orang lain dan yang paling penting, menghapus riasan sebelum Anda beristirahat.

Cara Mengobati Klopak Mata Bengkak 

Minum air putih yang banyak

Pada gangguan peredaran darah di kelopak mata yang menyebabkan mata menjadi bengkak, bisa diredakan minum air putih yang banyak. Asupan cairan yang banyak akan memperbaiki metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah. Meskipun ini tidak akan terlalu berpengaruh pada penyakit akibat gangguan ginjal, terutama pada kasus retensi cairan. Namun minum air putih sangat baik dalam memperbaiki sirkulasi darah

Kelopak mata yang bengkak memang sangat mengganggu penampilan, bisa tidak bikin pede. Namun perhatikan pula penyebab dari mata bengkak ini, karena seringkali hanya gejala dari sebuah penyakit serius di belakangnya. Jadi memang harus konsultasikan dengan layanan medis terdekat. Mata adalah organ penting dan sangat berharga, jangan sampai mengganggu fungsi mata secara keseluruhan.

Kompres mata untuk kelopak mata yang bengkak

Kompres pada mata bisa dilakukan dengan es batu atau irisan buah mentimun. Biasanya akan melancarkan peredaran darah di kelopak mata dan meredakan mata yang bengkak. Namun jangan lakukan kompres terlalu keras atau menekan melopak mata terlalu keras, cukup oleskan atau tempelkan secara lembut.
Pada kasus mata yang bengkak karena kurang tidur, memang harus mengisitirahatkan mata secara total. Tidak cukup hanya dengan mengompres mata, juga ada tanda kelelahan pada mata yang tidak bisa diredakan dengan kompres mata. Namun setidaknya kompres mata akan meredakan bengkaknya dengan segera.

Perhatikan Penyebab

Saat mata anda bengkak karena sakit mata konjungsi atau akibat virus maka obati mata anda dan kalau akibat kutu misalkan holangkan dulu kutunya bari kompes .

Demikian artikel tentang klopak mata semoga bisa membawa pengetahuan baru bagi sobat semua .