Saturday, August 5, 2017

Gejala Penyakit Ginjal dan Saluran Kencing









Ginjal merupakan organ tubuhyang berbentuk seperti kacang mede dalam ukuran yang besar. Kedua gijal kita terletak dikedua pinggang sebelah atas, ginjal berfungsi menyaring darah untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan racun dalam tubuh. Hasil dari produksi ginjal adalah air kencing/urine. Setelah urine diproduksi akan disalurkan memalui salurankanan dan kiri yang disebut Ureter. Urine dari ureter akan disalurkan menuju kantung kemih. Kandung kemih berfungsi untuk menampung urine, jika sudah mencapai volume atau isi tertentu akan terasa keinginan untung kencing atau buang air kecil. Kita akan berusaha untuk mengeluarkan urine. Urine akan disalurkan menuju saluran yang disebut uretra saluran ini bermuara pada alat kelamin kita.

Bagai mana bisa terjad kelainan Ginjal dan Saluran Kemih….???

Gagal Ginjal merupakan kegagalan ginjal untuk membuat urine, hal ini disebabkan oleh penyakit pada ginjal, penyakit yang yang menyumbat saluran ginjal dan penyakit lain. Penyakit pada ginjal yang menyebabkan kegagalan fungsi ginjal umumnya berupa peradangan serius. Penyakit pada saluran kencing biasanya berupa penyumbatan batu saluran kencing dan infeksi yang menjalar ke ginjal. Penyumbatan ini menyebabkan kencing terhambat jalannya, sehingga akan muntah ke ginjal dan merusak ginjal. Infeksi pada saluran kencing bawah yang tidak diatasi akan terus menjalar keatas mencapai ginjal. 

Penyakit lain yang menyebabkan gagal ginjal adalah syok akibat pendarahan yang hebat dan keadaan dehidrasi/kekurangan cairan. Batu saluran kemih dapat mengakibatkan punyumbatan dan iritasi saluran kemih, sehingga memberikan rasa sakit pada saluran kencing maupun sakit pada pinggang (jika batu terdapat diginjal). Batu juga menyebabkan air kencing tidak lancer mengalir, batu yang berjalan pada saluran kencing memberikan sakit yang hebat dan terasa semakin turun. Dengan adanya batu maka memudahkan bakteri berkembang sehingga terjadi infeksi saluran kencing. Selain batu infeksi saluran kencing juga disebabkan oleh higienes yang buruk dari kebiasaan cebok. Baca juga tentang Gejala Penyakit Jantung .

Berikut Gejala penyakit Saluran Kemih dan Ginjal

Batu Saluran Kencing / Batu Saluran Kemih  

Batu saluran kencing dapat terjadi oleh banyak faktor, oleh karena itu penting untuk mengenali faktor risiko terbentuknya batu pada saluran kencing, yaitu kurang minum, infeksi saluran kencing dan sering menahan kencing. Setelah itu penting untuk mengetahui gejala-gejala adanya batu saluran kencing. Gejala tersebut diantaranya ialah sakit pada saluran kencing, jika batu terdapat ginjal akan memberikan gejala berupa sakit pinggang. Jaika batu tersebut turun ke saluran kencing akan memberikan gejala nyeri yang hebat dan nyeri itu turun sejalan dengan turunya batu. Jika batu menyumbat kedua saluran kencing di atas atau menyumbat kedua ginjal akan didapatkan kencing yang sedikit , kemudian akan terjadi gagal ginjal.

Infeksi Saluran Kencing / Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kencing dengan gejala nyeri saat berkemih, rasa nyeri ini bisa diikuti dengan keinginan untuk kencing secara terus menerus sehingga penderita akan blak balik ke WC. Pada infeksi saluran kencing tertentu  penderita akan mengeluarkan nanah atau cairan aneh dari muara saluran kencingnya.

Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal yang umumnya terjadi adalah gagal ginjal, gagal ginjal dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagi berikut :
  1. Berkurangnya jumlah air kencing sampai sama sekali tidak kencing
  2. Gejala yang timbul akibat tertimbunya racun didalam tubuh.
Pada awal-awal terjadinya gagal ginjal, umumnya produksi kencing hanya sedikit berkurang sehingga hal ini susah diketahui. Pada tahap awal penderita gagal ginjal relatif tidak memberikan gejala. Pada tahap yang lebih lanjut akan terasa air kencing semakin sedikit, Pada tahap gagal ginjal terminal air kencing sudah tidak diproduksi lagi. Ginjal tidak dapat lagi berfungsi untuk membuang racun sehingga racun tidak tertahan dalam tubuh. Penderita akan merasa tidak enak badan, gelisah, kemudian akan tidak sadarkan diri.Demikianlah info sekilas tentang penyebab Stroke,  Semoga Informasi Gejala Penyakit Ginjal dan Saluran Kencing ini dapat bermanfaat, Serta jaga diri dan kesehatan selalu…