Saturday, April 18, 2015

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Mata pada Anak-Anak - Eye Pain Children









Sakit Mata pada Anak . Di usia pertumbuhan anak sangat riskan terhadap serangan berbagai penyakit. Tidak seperti orang dewasa anak masih belum memiliki immune yang kuat. Akibatnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus bisa menyerang anak . Serangan penyakit terhadap organ mata anak juga sering terjadi jika orang tua lalai menjaga kesehatan anak.

 Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Mata pada Anak-Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Mata pada Anak-Anak
Sebagai panca indra utama mata merupakan bagian penting dalam membantu melihat dan organ ini dianggap paling vital. Hindari gangguan yang berpontensi menyebabkan kerusakan mata sejak dini. Pada usia anak-anak mata sangat rentan terluka atau terkena penyakit. Kebiasaan anak yang menyentuh apapun di sekelilingnya menyebabkan tangan anak kotor. Tanpa sadar tangan anak yang kotor bisa membawa bakteri/virus yang menyentuh matanya. Keadaan bisa bertambah parah ketika anak mengucek mata nya saat dia merasakan gatal. Mengucek mata tidak disarankan karena memudahkan penyebaran sumber penyakit dan memperburuk kondisi kesehatan mata.

Penyebab penyakit mata pada anak

Penyakit mata pada anak bisanya disebabkan hal berikut

1. Penyakit mata disebabkan oleh virus dan bakteri yang ditularkan oleh tangan yang kotor. Biasanya anak sering menyentuh hal-hal disekelilingnya yang tanpa sadar terkontaminasi sumber penyakit (virus, bakteri)

2. Mata yang terkena debu atau masuknya kuman tanpa sengaja.

3. Terkena radiasi berlebihan oleh benda elektronik.

4. Konsumsi vitamin A yang kurang.
Penyakit mata pada anak umumnya disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua. anak yang masih kecil belum mampu menjaga kesehatan dirinya. Sebagai orang tua kita diharapkan bisa menjaga kebersihan lingkungan anak dan selalu mengawasi perilaku anak
5. Sakit mata karena virus (Viral Conjunctivitis)

Tidak ada pengobatan khusus, itu akan menjadi lebih baik dengan sendirinya. Pembersihan lembut pada mata dengan bola kapas (1 bola kapas untuk 1 mata) yang dibasahi air hangat dapat membantu mereka merasa lebih baik. Bersihkan dalam satu arah saja (baik terhadap hidung dari luar ke dalam, atau menjauh dari hidung, mana yang lebih mudah) dan membuang bola kapas setiap selesai untuk mencegah kontaminasi ulang. Jangan membersihkan bagian dalam kelopak mata karena dapat menyebabkan kerusakan conjuctiva atas.

6. Sakit mata karena bakteri (Bacterial Conjunctivitis)madu syifa kids mata sehat
Untuk mengobati sakit mata yang disebabkan oleh bakteri mungkin diperlukan salep antibiotik atau obat tetes mata dari dokter Anda. Pengobatan harus diterapkan pada kedua mata, bahkan jika hanya satu mata yang tampaknya terinfeksi.

7. Sakit mata karena alergi (Allergic Conjuctivitis)
Mengobati sakit mata yang disebabkan alergi dapat dibantu dengan perawatan yang digunakan dalam kondisi seperti antihistamin misalnya demam.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Anak dan Pada Orang Dewasa :

Berikut ini obat sakit mata paa anak-anak yang bisa digunakan unuk mengatasi sakit mata anak-anak bunda :

 Mata Bintitan
Ambil getah dari batang tanaman patikan kebo atau getah dari batang pohon meniran. Tempelkan sedikit pada kapas, lalu oleskan pada bagian bintitnya, sedikit saja, jangan sampai terkena mata.

Mata Merah
Taruh 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.

 Radang Mata Merah
Rendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air hingga air rendaman menjadi bin. Gunakan air rendaman untuk mencuci mata.

Mata Katarak
Ambil 2 biji kemanggi yang telah kering, dan masukan ke dalam mata pada waktu tidur malam. Pada keesokan paginya akan keluar kotoran dari dalam mata dan dapat membersihkan mata katarak.

 Radang Selaput Ikat Mata
Rebus 30 g akar kembang sepatu dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusannya lain minum.
Cara lainnya, rebus 15 g daun kembang sepatu dalam 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusannya lain minum saat masih hangat.

Cara Mengatasi Sakit mata Anak

Jika anank bunda sakit mtanya adalah belekan maka bisa digunkan cara mengatasi  sakit mata belekan pada anak dibawah ini :

  1. Membersihkan mata bayi dengan bola-bola kapas basah atau kain lembut
  2. Hindari membersihkan mata bayi dengan air hangat, karena memicu terjadinya iritasi
  3. Hindari membersihkan mata bayi dengan pembersih mata, karena dikhawatirkan kulit mata bayi sensitif terhadap zat-zat dalam cairan pembersih mata.
Segera membawa bayi ke dokter spesialis mata, karena dokter yang lebih tahu apa yang dialami bayi Anda.
Hubungi dokter jika anak Anda mengalami rasa sakit yang teramat pedih, terjadi masalah penglihatan, peningkatan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di kelopak mata dan sekitar mata, serta demam (panas melebihi 38 derajat celcius)

Yang perlu Anda ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan air sabun hangat sesering mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain. Jika anak Anda mengalami sakit mata, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan suplemen untuk mata